Minggu, April 05, 2009

Mengetahui Penyebab Migrain

Saya sebetulnya sedang ingin mengetahui apa saja penyebab migrain yang seringkali mendatangi. Saya kira migrain dapat dialami oleh siapa pun di segala usia. Gejala paling mudah adalah rasa nyeri atau sakit kepala sebelah khususnya di sekitar dahi, pelipis, atau mata. Kadang-kadang leher terasa sangat berat.

Pengalaman saya, tanda-tanda migrain biasanya mulai terasa menjelang tengah siang dan akan terasa semakin nyeri menjelang petang hari sampai malam hari. Setelah melewati tidur malam, migrain akan hilang dengan sendirinya. Saya hampir tidak pernah meminum obat pereda sakit kepala, paling-paling saya oleskan minyak kapak atau axe oil di sekitar bagian kepala atau leher yang terasa sakit.

Bagaimana pun, migrain bisa mengganggu aktifitas bekerja dan dapat menurunkan produktivitas bekerja atau membuat emosi menjadi labil. Nah, saya kira sangat baik untuk mengetahui apa saja penyebab migrain yang seringkali menghampiri dan kemudian menjauhi penyebabnya.

Dalam perhatian saya, ada beberapa kebiasaan kurang baik yang membuat saya didatangi migrain.

1. Tidak Sarapan Pagi
Buat saya, ini sepertinya penyebab utama migrain yang seringkali mendatangi. Bahkan minum segelas susu atau makan roti di pagi hari pun belumlah cukup untuk mengusir datangnya migrain. Kebiasaan saya harus makan nasi meskipun sedikit.

2. Terlambat Makan Siang
Saya kurang tahu apakah tubuh saya ini tergolong manja ya. Bahkan terlambat makan siang saja, migrain bisa jadi mendatangi. Dalam kebiasaan saya, jam makan siang adalah antara jam 11.30–12.30. Repotnya kalau sedang mengikuti seminar atau rapat yang lewat jam tersebut, wah .. siap-siap dech menghadapi serangan migrain. Kuncinya makan harus teratur ya.

3. Kurang Tidur dan Istirahat
Saya perhatikan jika saya kurang tidur, aktifitas di hari berikutnya bisa jadi direcokin oleh migrain. Bahkan ketika harus segera menyelesaikan program doktoral, saya harus mengatur waktu sedemikian hingga saya tidak harus bergadang dan cukup istirahat.

4.  Kurang Olahraga
Rasanya baru menginjak usia kepala tiga tapi koq untuk berolahraga rasanya malas sekali ya. Beda sekali dengan beberapa tahun lalu, saya senang sekali berolahraga mulai jogging rutin dan maen bola volley. Bisa jadi ini salah satu kebiasaan yang membuat migrain acapkali mendatangi. Semoga saya mendapatkan kembali semangat untuk berolah raga. Koleksi raket bulutangkis, bola volley, tali skipping, dan perlengkapan renang rasanya sudah lama sekali tidak pernah disentuh.

5. Menyantap Makanan/Minuman Dingin
Wah, padahal yang namanya es krim, jus buah, atau minuman serba dingin lainnya sangat menggoda untuk disantap. Saya perhatikan setiap kali menyantap makanan dingin, bukannya nikmat yang didapatkan tapi bisa jadi migrain yang didapatkan. Mulai sekarang saya mengurangi bahkan sering menghindari minuman serba dingin.

6. Kelamaan Menatap Monitor Komputer
Saya kira kelamaan menatap monitor komputer bisa jadi menyebabkan munculnya migrain. Lebih dari 5 tahun terakhir ini dalam aktifitas pekerjaan sehari-hari, saya menggunakan monitor LCD dan laptop. Sehingga tidak hanya monitor CRT saja, barangkali monitor LCD dapat juga menyebabkan munculnya migrain.

7. Minum Teh (Kopi) Setiap Hari
Saya tidak tahu pasti apa ada hubungannya minum dua gelas teh manis setiap hari dapat memicu munculnya migrain. Siang dan sore saya rutin meminum teh tubruk manis. Kopi, hem .. sering tapi tidak setiap hari. Agh, saya harus memperhatikan kebiasaan ini apakah ada pengaruh migrain dengan kebiasaan minum teh atau kopi.

8. Menempuh Perjalanan Panjang
Saya perhatikan beberapa kali tugas luar kota koq membuat saya didatangi migrain ya. Apakah karena perjalanan panjang yang harus saya tempuh ataukah karena beberapa penyebab yang saya tulis sebelumnya. Perjalanan antar pulau juga sering kali membuat migrain. Kalau ini rasanya tidak akan kapok dech, karena saya suka sekali bepergian.

Tidak ada komentar: